Agar Horn Speaker atau Speaker Corong TOA Awet, Spul Tidak Mudah Putus atau Mati

Agar Speaker Horn atau Corong TOA Awet, Spul TOA tidak Mudah Putus
    

SCS Electronics Seringkali kita temui keluhan Horn Speaker atau Corong TOA mudah mati atau putus dan harus di ganti spul nya, apalagi ketika pemakaian dalam waktu lama seperti pada saat di pakai untuk pengajian, takbiran atau acara-acara lainnya.
Lalu bagaimana agar corong TOA tidak sering putus?
    Pertama-tama perlu diketahui bahwa karakter speaker corong TOA berbeda dengan karakter box speaker atau wall speaker pada umumnya, perbedaannya adalah pada bandwidth frekuensi operasi atau respon frekuensi nya. Speaker box mampu mengeluarkan suara bass dan treble yang optimal, karena karakter speaker box range frekuensi response nya memang lebih lebar, untuk beberapa box speaker merk TOA umumnya memiliki range frekuensi di 50Hz s.d 20Khz (bass dan treble). 
    Sedangkan speaker corong TOA karakternya memiliki range frekuensi yang lebih sempit yaitu sekitar 150Hz s.d 6Khz (midle frekuensi), speaker corong TOA ini didalamnya terdapat spul atau diaphragm “ZG-30DA (25W) atau ZG-30DB (50W)”, spul ini dibuat khusus yang mana penggunaan dari speaker corong TOA ini memang diperuntukan sebagai speaker pemberitahuan atau penyampaian informasi yang utamanya adalah suara vokal manusia agar jelas dan jernih terdengar.


    Lalu apa hubungannya dan bagaimana cara mengatasi ini?
   Pada Amplifier merk TOA terdapat pengaturan Bass dan Treble nya, untuk Amplifier yang men-Supply Horn Speaker atau Corong TOA, pengaturan Bass dan Treble nya sebaiknya jangan terlalu besar. Kami sarankan untuk pengaturan Bass nya maksimal cukup set di jam 9 saja dan untuk treble di set ke posisi tengah, jam 12 (Flat).


    Faktor lainnya pastikan penggunaan spesifikasi peralatan, seting atau koneksi perangkat dan instalasi atau pemasangan kabel speaker sudah sudah sesuai dan benar, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan;
    Pertama, jika menggunakan Horn Speaker atau Corong TOA tipe ZH-5025BM (25 Watt) atau ZH-652M (50 Watt) speaker corong tipe ini menggunakan Matching Trafo maka koneksi ke amplifier TOA nya harus disambungkan ke High Impedance, yaitu Com (-) dan 70 Volt atau 100Volt (+), yang harus diperhatikan TIDAK BOLEH DALAM SATU AMPLIFIER TOA MENYAMBUNGKAN OUTPUT AMPLIFIER NYA SECARA BERSAMAAN, Output 4 Ohm dan 70V/100V tidak boleh dipakai bersamaan, sudah ada peringatannya bahwa:

“DO NOT USE THESE 4Ω, 70V AND 100V TERMINALS AT THE SAME TIME”

Contoh kasusnya sbb.; 
Sebuah output amplifier COM – 100V nya dikoneksikan untuk horn speaker, kemudian COM – 4Ω untuk speaker dalam/teras, mungkin tujuannya baik yaitu menghemat biaya dengan memanfaatkan peralatan/equipment yang sudah ada, tetapi tindakan itu adalah salah besar yang akan mengakibatkan amplifier menjadi terbakar/rusak.

    Kedua, pastikan total output daya (Watt) Amplifiernya seimbang, maksudnya jika menggunakan 4 buah speaker corong TOA ZH-5025BM maka; 4 X 25 Watt = 100 Watt, jadi amplifier yang digunakan dengan daya output 120 Watt yaitu tipe ZA-2120 atau ZA-3212D, ini artinya jangan gunakan amplifier dengan total daya di bawah 100 Watt. 
Contoh lain, jika menggunakan 4 buah speaker corong TOA ZH-652M maka; 4 X 50 Watt = 200 Watt, jadi amplifier yang digunakan dengan daya output 240 Watt yaitu tipe ZA-2240 atau ZA-3224D, jangan gunakan amplifier dengan total daya di bawah 200 Watt. 

    Ketiga, ada cara lain yang bisa digunakan (cara ini sudah sering kami gunakan insyaAlloh aman) jika speaker corong TOA yang digunakan tipe ZH-5025BM (25 Watt) maka bisa dengan mengganti spul atau diaphragm nya dengan menggunakan tipe ZG-30DB dengan daya 50W (warna merah), sebelum mengganti spulnya bersihkan terlebih dahulu magnet pada bagian celah dalamnya karena jika terdapat kotoran sedikit saja bisa membuat spul cepat rusak, putus atau mati. 

    Keempat, kami sarankan untuk menambahkan perangkat Stabilizer Listrik pada peralatan atau equipment utama audio sistem Anda, Stabilizer ini bertujuan untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil, harapannya agar tegangan output dari perangkat Amplifiernya juga menjadi stabil dan diaphragm atau spul TOA tidak mudah putus.

Terakhir pastikan produk yang Anda gunakan adalah produk asli TOA.



Selamat mencoba, jika ada yang perlu ditanyakan dapat menghubungi kami di: 0821 1007 4404, atau langsung klik link WA kami dibawah ini:
Klik Untuk Chat WhatsApp

Anda dapat berkunjung juga ke; 
https://soundsystem-cctv.com/

SCS Electronics - Jl Al-falah Cikaret Gg. Misan RT 04 RW 09 Harapan Jaya Kec. Cibinong Kab. Bogor 16914

Kami Menjual Produk dan Pemasangan Sound System Merk TOA untuk kebutuhan Masjid, Musholla, Pabrik, Gudang, Gedung, Perkantoran, Hotel, Rumah Sakit, kampus, Sekolah, Ruko, Toko dll. Kami hadir untuk membantu, merencanakan sound system sesuai kebutuhan anda, semoga menjadi mitra kepercayaan anda.

Salam Sehat Selalu, Admin SCS


#tokotoaterdekat #jualtoaterdekat #tokosoundsystemterdekat #tokospeakerterdekat #soundsystem #speakertoa #speaker #toa #TOA #pasangtoa #instalasitoa #jualtoa #tokotoa #masjid #mesjid #musholla #corong